Rabu, 24 September 2014

Tips Membuat Profil dan Sponing

Agar kusen terlihat lebih bagus, maka perlu ditambahkan profil pada tepian kusen menggunakan router listrik, berikut panduannya:

1. Amplas permukaan kusen yang akan digarap.

2. Pasang pisau router pada sumbu router dan setel munculnya pisau dari alas router yang disesuaikan dengan profil atau sponing yang akan dibuat.

3. Pasang pengantar lurus atau lengkung di bawah alas router dengan cara memasukkan kedua buah besi bulatnya pada alas router.

4. Atur pengantar tersebut dekat dengan pisau router sehingga pisau router keluar dari pengantarnya sama dengan kedalaman pemakanan yang diinginkan.

5. Uji coba membuat profil atau sponing pada kayu yang tak terpakai, bila perlu lakukan berulangkali sampai penyetelan sesuai dengan yang diinginkan.

6. Pasanglah kayu garapan pada meja kerja, dengan dijepit mengunakan klem.

7. hidupkan mesin. Dorong router searah putaran pisaunya dan jagalah posisi pengantar selalu rapat pada sisi kayu garapan selama pembuatan profil atau sponing berlangsung.

8. Matikan mesin router, diamkan sejenak hingga pisau routernya berhenti berputar. Cabut steker dari stop kontak dan letakkan mesin router di tempatnya.

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar