Kamis, 18 September 2014

Merombak Kursi Usang menjadi Layak Pakai


Merombak Kursi Usang menjadi  Layak Pakai

      Berhenti sejenak membahas teori  perkayuan dan pepohonan. Mari beralih dengan praktek menggarap kayu. Kali ini saya akan memanfaatkan kembali kursi usang agar layak pakai. Saya mengambil kursi kayu usang yang teronggok di gudang. Alas duduknya yang terbuat dari rotan sudah jebol  dan keempat kaki kursi sudah goyah.
     Baiklah, pertama-tama siapkan alat dan bahan guna memperbaiki kursi tersebut, yaitu:
-palu
-paku
-setengah meter spons tipis(biasanya dijual meteran di toko kelontong, harganya sekitar Rp6000/meter)
-setengah meter kain jok/karpet plastik(harganya sekitar Rp12.000/meter)
-papan kayu
-lem kastol
-amplas kayu
-pelitur/cat
     Selanjutnya, bersihkan kursi dari sarang laba-laba dan debu. Gunakan kain basah untuk mengelap kursi agar mudah dan tidak membuang waktu. Buanglah alas duduk yang sudah robek dan jebol. Kemudian, perbaiki  kaki kursi yang telah goyah dengan memakunya. Pastikan kaki kursi dalam posisi seimbang dan cukup kokoh untuk diduduki.
    Langkah berikutnya, saya membuat alas duduk mengunakan papan kayu, spons dan karpet plastik. Ukuran papan kayu disesuaikan dengan lebar alas duduk. Rekatkan spons pada papan kayu mengunakan lem kastol dan biarkan hingga agak mengering.
    Sembari menunggu spons merekat, saya mengamplas kursi agar tampak lebih mulus dan gampang untuk dipelitur.  Usai mengamplas, saatnya menyelesaikan alas kursi dengan melapisinya dengan kain jok.  Kencangkan lapisan kain jok dengan memakunya pada bagian bawah mengunakan paku payung.

Terakhir, lapisi kursi kayu mengunakan pelitur atau cat. Maka, kursi usang telah tampil baru dan lebih nyaman untuk diduduki. Semoga bermanfaat. :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar