Selasa, 30 September 2014

Merombak Gerobak Bekas

      Alhamdulillah, pekan ini saya mendapat orderan untuk merombak gerobak bekas. Kali ini, saya menggarap gerobak bekas es campur dan menggubahnya menjadi gerobak siomay.
     Saya menggarapnya secara paruh waktu karena saya ada tanggungan membangun rumah salah seorang tetangga. Sehingga garapan yang seharusnya bisa saya selesaikan dalam 3 hari, jadi molor hingga butuh waktu seminggu. Syukurlah, pemilik gerobak bersedia memahami keterbatasan saya tersebut.
     Untuk merombak gerobak tersebut dibutuhkan kayu berukuran 4/6 s.d.300 (tebal 4cm, lebar 6cm & panjang 300cm) sebanyak 6 batang. Saya menggunakan kayu damar laut yang dikenal keras, kokoh dan berserat halus.
     Sebelum menggarap gerobak, saya menyerut batang kayu terlebih dahulu. Tujuannya agar kayu lebih mudah digunakan. Tak lupa melepas semua kaca pada gerobak demi menghindari kerusakan dan kecelakaan kerja.
   Selanjutnya, bongkar bagian gerobak yang telah rapuh. Lalu lakukan pengukuran dan desain gerobak yang diinginkan. Karena gerobak siomay menggunakan tungku, maka kayu pada gerobak perlu dilapisi lembaran stainless steel agar tidak lekas hangus terlalap api.
Next...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar