Rabu, 17 September 2014

Pohon Langka Asli Indonesia



 Sebelum membahas kayu lebih lanjut, saya ingin bercerita tentang pohon-pohon langka yang ada di Indonesia, yaitu:

1. Balam Suntai (Palaquium walsurifolium), balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia. tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik.

2. Bayur (Pterospermum sp). Tanaman langka indonesia ini memiliki nama daerah Balang, wadang, walang, wayu. bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.
3. Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30m. Kayunya sering dimnfaatkan sebagai  pilar penyangga rumah.

4. Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka).


5. Damar, Kopal Keruling (Agathis labillardieri). Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Getah damar dapat dimanfaatkan sebagai  bahan korek api, plastik, plester, resin dan vernis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar