Rabu, 17 September 2014

Kina dan Kayu Mahoni

 
Apabila Anda berteduh di bawah pohon mahoni, saya sarankan untuk waspada agAr tidak ketiban gada. Maksud saya kejatuhan buah mahoni yang bentuknya serupa gada. Mungkin efeknya tidak seberapa, sedikit benjol dan lumayan nyeri. Tentu saja cukup membuat Anda mencak-mencak dan mengumpat pohon mahoni.

 Eits, berhenti mencak-mencak dan mari beralih membahas tentang kegunaan pohon mahoni. Selain sebagai peneduh dan penyuplai oksigen, pohon mahoni juga bisa dimanfaatkan kayu dan buahnya. Bukan buah dalam artian daging buahnya, melainkan biji mahoni yang disebut kina.

Kina berbentuk mirip bilah baling-baling berwarna coklat. Jika dikelupas maka akan muncul biji putih yang rasanya pahit. Nah, biji tersebut yang memiliki khasiat sebagai obat. Kina mengandung zat flavonolds dan saponins. Flavonolds berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri, meredakan lebam dan bertindak sebagai antioksidan.

Sedangkan saponins bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat pengumpalan darah, dan menguatkan fungsi hati.

Beralih membahas tentang kayu mahoni secara fisik. Kayu mahoni memiliki serat halus berwarna merah. Berkarakteristik kuat, ringan dan lunak untuk digarap.

Klasifikasi ilmiah mahoni:
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Meliaceae
Genus Sweitenia
Spesies: Sweitenia macrophylla king
               Sweitenia mahagoni
        Sifat Mahoni yang dapat bertahan hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditanam di tepi jalan yang fungsinya dapat sebagai peneduh terutama di sepanjang jalan. Dan tahukah anda mahoni sekarang mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan seperti di kota Jepara yang menjadikannya sebagai alternative kayu jati.
      Selain itu kayu mahoni Sering juga dibuat penggaris karena sifatnya yang tidak mudah berubah. Pemanfaatan lain dari tanaman mahoni adalah kulitnya digunakan untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus bersama kulit mahoni akan menjadi kuning dan tidak mudah luntur. Sedangkan getah mahoni yang disebut juga blendok dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku lem, dan daun mahoni untuk pakan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar